Sejarah Perkembangan Game.
Asal usul permainan video/video game terletak pada awal
tabung sinar katoda berbasis pertahanan peluru kendali sistem pada akhir
1940-an. Program-program ini kemudian diadaptasi ke dalam permainan sederhana
lainnya di era tahun 1950-an. Pada akhir
1950-an dan melalui tahun 1960-an, lebih banyak permainan komputer yang
dikembangkan (kebanyakan di komputer mainframe), secara bertahap tingkat kecanggihan
dan kompleksitasnya pu turut bertambah. Setelah periode ini, video game
menyimpang ke berbagai platform: arcade, mainframe, konsol, pribadi komputer
dan kemudian permainan genggam.
Perusahaan komersial pertama konsol permainan video adalah
Computer Space pada 1971, yang meletakkan dasar bagi industri hiburan baru di
akhir 1970-an di Amerika Serikat, Jepang, dan Eropa. tapi ini perusahaan tidak bertahan lama ini
sebagian besar disebabkan oleh banjir dari video game yang datang ke pasar
mengakibatkan keruntuhan total industri game konsol di seluruh dunia, akhirnya
menggeser dominasi pasar dari Amerika Utara ke Jepang. Tapi inihanya
mempengaruhi pasar game konsol, pasar game komputer sebagian besar tidak
terpengaruh. Generasi selanjutnya dari
konsol video game akan terus didominasi oleh perusahaan-perusahaan Jepang. Walaupun beberapa upaya akan dilakukan oleh
Amerika Utara dan perusahaan-perusahaan Eropa, generasi keempat konsol, usaha
mereka pada akhirnya akan gagal. . Tidak sampai generasi keenam konsol
permainan video akan non-perusahaan Jepang merilis sebuah sistem konsol sukses
secara komersial. Pasar telah mengikuti jalan yang sama dengan beberapa kali
gagal dilakukan oleh perusahaan-perusahaan Amerika yang semuanya gagal di luar
beberapa keberhasilan terbatas dalam permainan elektronik genggam sejak
dini. Saat ini hanya
perusahaan-perusahaan Jepang memiliki sukses besar konsol game handheld,
walaupun dalam beberapa tahun terakhir permainan genggam telah datang ke
perangkat seperti ponsel dan PDA .
Generasi Pertama
Generasi pertama konsol permainan video berlangsung dari
tahun 1972, dengan rilis dari Magnavox Odyssey, hingga 1977, ketika
“pong”-style produsen konsol meninggalkan pasar secara massal karena pengenalan
dan keberhasilan mikroprosesor berbasis konsol
Magnavox Oddysey Style
Game Pong
Generasi kedua
Dalam sejarah komputer dan video game, generasi kedua (biasa
disebut sebagai awal era 8 bit atau kurang lebih 4 bit era) dimulai pada tahun 1976 dengan
merilis Fairchild Channel F dan Radofin 1292 Advanced Programmable Video
sistem. Di era generasi kedua ini yang menjadi primadona konsol game adalah
konsol game ATARI. Beberapa contoh konsol game pada generasi kedua dapat
dilihat disamping. Dari ki-ka adalah Fairchild Channel
Konsol Game ke-2 F,Atari 2600, Magnavox
Odyssey ver. 2 , Atari 5200
Generasi Ketiga
Generasi ketiga dimulai pada tahun 1983 dengan dipasarkannya
Jepang Family Computer tau lebih dikenal dengan nama FAMICOM(kemudian dikenal
sebagai Nintendo Entertainment System di seluruh dunia). Walaupun konsol
generasi sebelumnya juga menggunakan 8-bit processor, pada akhir generasi
inilah konsol rumah yang pertama kali diberi label oleh mereka “bit”. Ini juga
masuk ke mode sebagai sistem 16-bit seperti Mega Drive / Genesis dipasarkan
untuk membedakan antara generasi konsol. Di Amerika Serikat, generasi ini di
game ini terutama didominasi oleh NES / Famicom. Di era ini pulalah terjadi
perang konsol game yang pertama antara perusahaan konsol Nintendo dengan SEGA.
konsol FAMICOM dan SEGA
Generasi keempat
Generasi keempat atau biasa disebut dengan era 16 bit,pada
generasi ini NES mendapat sambutan hangat di seluruh dunia, dan sebuah
perusahaan bernama Sega mencoba menyaingi Nintendo. Pada tahun 1988, Sega
merilis konsol next-generation mereka, Sega Mega Drive (yang juga dikenal
dengan Sega Genesis). Konsol ini menyajikan gambar yang lebih tajam dan animasi
yang lebih halus dibanding NES. Konsol ini cukup berhasil memberi tekanan,
tetapi NES tetap bertahan dengan angka penjualan tinggi. Dua tahun berselang,
pada 1990, Nintendo kembali menggebrak dengan konsol next-gen mereka, SNES
(Super Nintendo Entertainment System). Selama 4 tahun, Nintendo dan Sega
menjadi bebuyutan, meskipun ada beberapa produsen seperti SNK dengan
NeoGeo-nya, NEC dengan TurboGrafx-16 dan Phillips CD-i, tapi kedua konsol
mereka begitu handal dan populer.
Tahun 1989
Nintendo merilis game-handheld, Game Boy. Harga: $109.
NEC merilis video game sistem Turbografx-16, PC Engine versi
Amerika Utara. Harga: $189.
Sega merilis video game system Sega Genesis. Harga: $249.
Atari merilis game-handheld berwarna pertama Atari Lynx.
Harga: $149.
NEC merilis versi yang ditingkatkan dari console PC Engine
mereka di Jepang, SuperGrafx. Hanya 5 judul game yang memanfaatkan video game
ini dan tidak pernah dijual secara komersial di luar Jepang.
Tahun 1990
Trip Hawkins keluar dari Electronic Arts dan mendirikan 3DO.
NEC merilis Turbografx CD ekspansi untuk Turbografx-16,
mengupgrade sistem tersebut dengan CD-ROM. Harga: $399.
SNK merilis Neo-Geo (AES), untuk pertama kalinya sistem yang
benar-benar membawa arcade ke rumah. Harga: $699.
SquareSoft merilis Final Fantasy pertama yang nantinya
menjadi role-playing game terbaik di sistem console.
Sega merilis game-handheld Game Gear.
Microprose terbentuk.
NEC merilis versi hanheld dari Turbografx-16 console mereka,
TurboExpress.
Tahun 1991
Commodore merilis video game rumahan berbasis CD, CDTV.
Harga: $999.
Fujitsu merilis FM Towns Marty, console 32-bit pertama di
dunia.
Nintendo merilis Super Nintendo. Harga: $199.
Joe Santulli dan Kevin Oleniacz mendirikan Digital Press,
publikasi independent kolektor video game berbagai sistem.
Dua penerbit PC entertaintment utama, Cinemaware dan Epyx,
tutup.
Tahun 1992
Philips merilis video game rumahan berbasis CD, CD-i.
Sega merilis ekspansi Sega CD untuk Sega Genesis.
Generasi kelima
Generasi kelima atau disebut juga dengan era konsol 32 bit.
dimana konsol game yang paling populer pada generasi ini adalah Sony
Playstation
Generasi keenam
Generasi keenam ini ditandai dengan munculnya konsol-konsol
game next generation dari masing-masing perusahaan seperti SONY, SEGA,Nintendo
serta munculnya satu lagi konsol game baru yang diluncurkan oleh Microsoft yang
diberi nama Xbox. Perang konsol game ini akhirnya mengakibatkan jatuhnya
perusahaan konsol SEGA yang tidak dapat lagi meneruskan konsol next
generation(Dreamcast) mereka dan lebih memilih untuk berkonsentrasi dibidang
pembuatan game konsol.
Generasi ketujuh
Dikarenakan semakin canggihnya teknologi di bidang teknologi
maka kemudian 3 perusahaan konsol terbesar(Sony, Nintendo, dan Microsoft)
mengeluarkan kembali konsol next-generation mereka keluaran terbaru. Sony
mengeluarkan konsol next-gen yang diberi nama PS3(Playstation 3), lalu Nintendo
dengan Nintendo Wii kemudian Microsoft dengan Xbox 360. Pada generasi ini
semakin dikembangkan sistem permainan online atau permainan yang melibatkan
banyak pemain yang terhubung dengan konsol mereka dan semakin ditinggalkannya
permainan single player.
Platform Console
Platform game merupakan dimana game yang akan dikembangkan
untuk dijalankan. Jenis platform game secara umum :
1. DOS
Masa keemasan platform ini sudah selesai. Namun kini sudah
tidak dikembangkan lagi karena perpindahan sistem operasi yang beralih ke
windows atau konsol yang lain. Akan tetapi masih banyak resource di internet
yang masih menyediakan pembahasan dan programming dengan DOS.
2. Windows
Saat ini game yang berjalan di platform ini sangat
mendominasi pasar.
Memamfaatkan kemampuan
windows untuk tampilan yang menarik dengan kemampuan DirectX yang disediakan
Microsoft, menjadikan para pengembang game umumnya di platform ini. Tools dan
software untuk membuat game sangat banyak tersedia di platform windows.
3. Linux
Pengembang game di platform ini masih sedikit game yang
dibuat.
Tetapi kemudahan lain adalah tersedianya berbagai aplikasi
yang gratis, sehingga walaupun komunitasnya sedikit, namun bisa membuat
berbagai game yang tidak kalah platform windows.
4. Macintos
Mac atau macintos merupakan sistem operasi yang
dikeluarkan Apple yang stabil dan fitur
yang sangat baik. Dari awal macintos tidak terlalu banyak bersinggungan dengan
dunia game, walaupun salah satu kelebihan platform ini adalah fitur grafik dan
suara yang sangat baik dibandingkan windows.
5. Console
Persaingan platform windows adalah mesin konsol, seperti
Playstation dan Xbox pada masa kini. Pemrograman di mesin konsol hampir sama
dengan platform windows, namun terdapat tingkat kesulitan dalam mengembangkan
game di platform ini.
Secara individu,
peralatan dan lisensi yang ada pada studio pengembang harganya sangat mahal
karena demi menjaga mutu dan hak ciptanya.
6. Mobile
Mulai banyak mobile game yang akan dibuat dan dirancang
khusus di platform ini. Bahkan sudah menjadi pesaing untuk beberapa jenis game
seperti game online. Walaupun tidak sehebat game komputer atau konsol, tetapi
dengan kemudahan dan jumlah peralatan yang banyak digunakan untuk alat
komunikasi akan membuat platform ini menjadi pilihan sebagian pengembang.
Umumnya menggunakan bahasa pemrograman java.
CONTOH
GAME
Siapa tak kenal Dota 2, game yang sudah dimainkan hampir 1,2
juta orang. Game ini jadi salah satu game dengan genre MOBA (Multiplayer Online
Battle Arena) terpopuler di luar dan dalam negeri. Terlebih kehadiran turnamen
Dota 2 terbesar di seluruh dunia, The International, menambah heboh game ini.
Namun tahukah kamu Dota 2 awalnya bahkan bukanlah sebuah game yang berdiri
sendiri? Lebih lanjutnya simak ulasan sejarah Dota 2 dari Dunia Games:
Kejayaan Starcraft dan Aeon of Strife
Embrio dari video game Defense of the Ancient atau Dota
datang dari modifikasi game Starcraft Brood War buatan salah seorang pengguna.
Map modifikasi tersebut bernama Aeon of Strife atau AoS. Dalam AoS pemain
mengendalikan satu karakter dengan tujuan utama AoS adalah menghancurkan
bangunan kunci milik pemain musuh. Untuk mencapai tujuan tersebut pemain
dibantu oleh pasukan yang dikendalikan AI bernama “creep”.
Dari situlah muncul game bergenre MOBA untuk pertama kalinya,
sebuah genre yang terlihat seperti gabungan Real Time Strategy dan Role Playing
Game dengan tambahan aksi di dalamnya. Pada era AoS konsep permainan masih
sangatlah sederhana, tak ada level karakter hero dan bahkan tak ada skill-skill
unik tertentu. Pemain hanya bisa memperkuat karakter dengan cara upgrade
menggunakan gold yang dikumpulkan dari membunuh “creep”.
Munculnya Warcraft 3 dan Lahirnya Dota2
Sejarah Dota 2, Mulai dari Starcraft, Warcraft, Hingga
Perkawinan Icefrog dengan Valve
Pada tahun 2002 Blizzard Entertainment merilis Warcraft 3:
Reign of Chaos. Game ini membuat kehebohan tersendiri di kalangan modder
(penggiat modifikasi sebuah game) Starcraft. Dengan game engine yang lebih baik
dari Starcraft ditambah tools modifikasi yang lebih luwes menjadi salah satu
penyebab kehebohan Warcraft 3 di kalangan modder Starcraft.
Pada saat inilah datang Eul, salah seorang modder yang
berusaha membuat ulang AoS ke dalam engine Warcraft 3: ROC dengan menggunakan
nama Defense of the Ancients atau DotA. Ketika masih ditangan Eul, DotA
masihlah dalam tahap Alpha. Belum ada PvP lima lawan lima, hanya ada lima
pemain melawan lima karakter hero yang dikendalikan oleh AI.
Kisah DotA pun Berlanjut
Setelah beberapa lama mencoba mengembangkan DotA, Eul
mendadak hilang dari komunitas modder. Lalu datanglah seorang pengguna bernama
Guinsoo dan Pendragon yang melanjutkan pengembangan proyek DotA. Mereka
memodifikasi DotA milik Eul dan membuat DotA versi mereka sendiri yang berjudul
DotA: Allstars. DotA: Allstars ini yang menjadi map DotA yang umum kita mainkan
di Warcraft 3.
Seiring waktu jumlah pemain semakin banyak, pada saat inilah
Guinsoo dan Pendragon mengajak Icefrog juga Neichus untuk turut membantu
pengembangan proyek DotA. Berawal dari versi 4.xx, Guinsoo dan Pendragon terus
terlibat dalam proyek DotA sampai versi 5.xx. Pemain semakin banyak dan
kompetisi pun jadi bermunculan, sampai akhirnya map versi 5.84c v2 jadi map
DotA paling stabil yang digunakan untuk kompetisi.
Pada versi awal map DotA, masih banyak hal yang belum muncul
dalam game ini. Karakter Roshan baru muncul pada map versi 4.0a ketika Guinsoo
pertama kali mengembangkan DotA. Beberapa hero seperti Tidehunter, Ursa
Warrior, Atropos the Bane Elemental, Keeper of the Light, Tinker, Ogre Magi,
Pudge, dan Sand King bahkan baru diperkenalkan pada map 5.xx.
Icefrog dan Dota 2
Tahun 2005 setelah perilisan map DotA versi 6.00. Guinsoo dan
Pendragon memutuskan untuk berhenti dari dunia modifikasi map. Proyek DotA pun
akhirnya diteruskan oleh Icefrog sejak map versi 6.01. Memasuki tahun 2009
diketahui Guinsoo dan Pendragon ternyata bergabung dengan Riot Games dan
membuat League of Legends. Meski begitu Icefrog masih terus memilihara map DotA
sampai sekitar tahun 2010.
Tahun tersebut jadi titik tolak perkembangan DotA. Icefrog
mengumumkan bahwa dirinya telah dipercaya oleh Valve untuk mengembangkan sekuel
DotA yang berdiri dalam sebuah game sendiri bernama Dota 2. Tak seperti League
of Legend ataupun Heroes of Newerth, Valve meyakinkan bahwa Dota 2 akan sama
persis layaknya DotA. Sehingga para pemain lama tak perlu dikhawatirkan harus
mempelajari mekanisme game dari awal lagi.
Kisah DotA Berlanjut di Dota 2
Pada 9 Juli 2013, Dota 2 akhirnya resmi terbuka untuk
dimainkan secara umum. Modifikasi map Warcraft 3 tersebut pun akhirnya
melanjutkan kisahnya dalam kemasan baru yaitu Dota 2. Sampai saat ini Dota 2
masih jadi salah satu game MOBA favorit. Di luar dari perdebatan yang ada di
dalam komunitas, tetap saja Dota berkembang berkat antusias komunitasnya.
Bahkan turnamen The International pun bisa jadi besar berkat dukungan komunitas
yang turut menyumbang total hadiah yang didapatkan melalui Compendium.
Sampai saat ini sudah sangat banyak sekali perubahan yang
terjadi pada Dota 2, mulai dari layout map, mekanisme hero, item-item baru dan
lain sebagainya. Meski begitu perubahan-perubahan inilah yang membuat Dota
tetap menarik dimainkan sampai saat ini.
https://duniagames.co.id/news/100-sejarah-dota-2-mulai-dari-starcraft-warcraft-hingga-perkawinan-icefrog-dengan-valve
🔱WAKANDATOTO🔱
BalasHapus♠ BANDAR TOGEL TERPERCAYA DAN AMAN 💯♠
JP BERAPAPUN DI BAYAR
♠BO BONAFIT♠
🔜Di Lengkapi Aplikasi BBFS 7 DIGIT🆗
🔜Diskon Pembelian Terbesar
➖2D 29%
➖3D 59%
➖4D 65%
➖ MINIMAL BET 100
➖ Minimal DEPO : 10.000
➖ Minimal WD : 50.000
➖ Minimal Betting : 100 / line
➖ Line Invest : 35 Line
➖ Bonus Referral 2% (Seumur Hidup )
➖ CashBack / Minggu
➖ BBFS 7 DIGIT
✳ HADIAH ✳
4D di X 3.000✔
3D di X 400✔
2D di X 70✔
https://www.facebook.com/groups/659390757776446/
PIN BBM : WAKATOTO
Whatsapp: +855 96 250 8220
Line : WAKANDATOTO
Bandar Togel uang Asli
Agen Togel Uang Asli
Link Alternatif Wakandatoto
Togel Pasaran Makati
Toto uang asli